keris temuan sungai

MENCERMATI BILAH KERIS/TOMBAK TEMUAN SUNGAI

Indahnya saling berbagi wawasan....
Berikut ini adalah dokumentasi contoh-contoh bilah keris temuan berdasarkan pengalaman pribadi dari sudut pandang orang awam; karena saya bukan ahli metalurgi/logam yang bisa menjabarkan secara ilmiah.

( klik foto untuk memperbesar )


DEDER JALAK BUDHO

DEDER PEDANG LAR BANGO












































Uji aktual pada video dibawah:














http://kerisalbum.blogspot.com/p/blog-page_8.html







Semoga bisa berguna untuk saling belajar demi kelestarian budaya warisan leluhur. Minimal bisa merubah mindset/pola pikir kepada diri sendiri dan anak cucu kita, bahwa sebenarnya bangsa kita bukanlah bangsa primitif bodoh terbelakang, melainkan bangsa yang peradabannya sudah sangat tinggi sejak ratusan bahkan ribuan tahun silam.
     Silahkan googling "Piramida Gunung Padang" bukti kita memliki peradaban tinggi jauh sebelum adanya piramida mesir. Silahkan googling "Lukisan Gua Sulawesi" yang berusia 40.000 tahun diakui sebagai  tertua di dunia. Silahkan googling "Stonehenge Bondowoso" yang lebih besar dan lebih tua dari Stonehenge Inggris.
     Dengan demikian, adalah suatu kebanggaan tersendiri bisa merawat pusaka temuan yang merupakan salah satu bukti nyata budaya adiluhung (kompleks filosofi - metalurgi - seni - spiritual) warisan leluhur kita.

MOHON MAAF JIKA ADA PIHAK-PIHAK YANG KEBERATAN DENGAN POSTINGAN INI, WACANA INI HANYA SEKEDAR UNTUK SALING BELAJAR, BERSAMA-SAMA MENJUNJUNG BUDAYA KERIS YANG MERUPAKAN SALAHSATU WARISAN PERADABAN DUNIA -diakui Unesco sejak 2005

baca juga halaman http://kerisalbum.blogspot.co.id/p/keris-temuan.html